Makanan Sehat Tidak Harus Mahal

Beberapa tahun belakangan ini beredar tren makan sehat, menu sehat, diet-dietan gitu. Ada Mayo, Keto, Paleo, yang intinya dibuat untuk tujuan tertentu, seperti menurunkan berat badan, membentuk masa otot dan lain sebagainya. Ada yang meniadakan garam, menghilangkan rasa yang ada. Selain itu, harganya mahal.

Kadang kita mikir juga, kenapa ya mau makan sehat itu harus mahal. Mungkin karena disiapin. Hehe.  Dengan modal yang tidak terlalu banyak, gimana caranya agar makanan kita tetap sehat tanpa menghamburkan uang terlalu banyak?

Berikut beberapa bahan yang bisa kita absenkan dan maksimalkan demi makanan yang lebih sehat dan murah:

  1. Garam (garam harus tetap ada. Aku sarankan beli garam laut, harganya variasi, tergantung beli di mana. Kalau beli di organic store biasanya relatif lebih mahal.
  2. Penyedap diganti dengan gula garam. Kontrol penggunaan MSG. Tanpa msg lebih bagus.
  3. Daging segar. Gunakan daging segar bukan daging olahan seperti sosis, nugget, dan sejenisnya.
  4. Sayuran lokal yang healthy untuk salad. Misalnya baby bayam, wortel, ketimun, beet, kol untuk coleslaw. Termasuk sayur urab dan gado gado.
  5. Maksimalkan superfood. Superfood? Apa itu? Kelor, salah satunya. Kelor memiliki kadar kalsium tinggi melebihi susu loh. Kelor mudah didapatkan di pasar. Diolah menjadi sayur bening enak juga. Kalau mau lebih praktis, ada banyak di pasaran kita bisa menemukan ekstrak kelor.
  6. Maksimalkan superfruit (utamakan lokal. support lokal! yay! :D ): alpukat, delima, lemon, strawberry, semangka, jeruk bali, dan kelapa muda!

Nah, sudah dapat ide menu sehat dari keterangan di atas? Atau mau nambahin? Silahkan share di comment dan selamat mencoba!

Foto pinjam pakai dari foodandwine.com

bagikan
Lainnya
catering coffee break di bali

Tentang Coffee Break

Coffee Break merupakan sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang jika diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia bisa menjadi “Rehat”. Walaupun jika diartikan secara harfiah menjadi “rehat minum kopi” alias Ngaso. 

Selengkapnya
WhatsApp chat